BI: Bali hadapi tiga tantangan besar wujudkan pariwisata berkualitas

admin

BI: Bali hadapi tiga tantangan besar wujudkan pariwisata berkualitas

Denpasar – Kantor Perwakilan Bank Tanah Air Provinsi Bali sama-sama pemangku kepentingan pariwisata ke provinsi itu mengidentifikasi ada tiga kelompok besar tantangan pada mewujudkan pariwisata berkualitas pada Pulau Dewata.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Gusti Agung Diah Utari di Denpasar, Minggu, memaparkan tiga tantangan yang dimaksud yakni aspek kualitas mencakup keamanan destinasi lalu atraksi wisata; regulasi satu di antaranya aspek sinkronisasi peraturan serta legalitas usaha serta tata kelola serta; sinergi lalu kolaborasi.

Terkait aspek kualitas, ia mengemukakan meliputi kesulitan jaminan keamanan bagi wisatawan lalu kenyamanan bagi warga lokal, ketersediaan transportasi publik, pengelolaan sampah, daya membantu Daerah Tujuan Wisata (DTW), keterbatasan infrastruktur juga aksesibilitas.

"Permasalahan-permasalahan yang dimaksud apabila tiada dengan tuntas ditangani pada waktu ini, maka ke depan akan semakin membesar kemudian kompleks sehingga menjauhkan Bali sebagai destinasi wisata global yang digunakan berkualitas," ujarnya.

Baca Juga :  Sulbar akan kembangkan ikan air tawar ke pegunungan

Dari sisi regulasi, tantangan yang teridentifikasi terkait optimalisasi penyelenggaraan pungutan wisatawan asing (PWA) kemudian pemanfaatan dana PWA untuk menciptakan pariwisata berkualitas.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar