Sepekan, revisi aturan barang impor hingga peluncuran Elon Musk di Bali

admin

Sepekan, revisi aturan barang impor hingga peluncuran Elon Musk pada Bali

DKI Jakarta – Berbagai kejadian sektor ekonomi mewarnai pemberitaan ANTARA selama sepekan pada 13 Mei sampai 18 Mei 2023, mulai dari tindakan pemerintah untuk merevisi aturan larangan pembatasan barang impor, hingga penampilan direktur utama Tesla juga SpaceX Elon Musk untuk meluncurkan Starlink dalam Bali.

Berikut rangkuman berita dunia usaha sepekan yang dimaksud layak disimak lagi Hari Minggu ini:

Pemerintah terbitkan Permendag 8/2024 perihal larangan batas barang impor

eksekutif menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 8 Tahun 2024 yang merevisi Permendag 36/2023 tentang larangan pembatasan (lartas) barang impor.

“Dari rapat internal dalam Istana, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan untuk merevisi Permendag 36/2023. Menindaklanjuti hasil rapin, telah lama ditetapkan Permendag 8/2024,” kata Menteri Koordinator Sektor Perekonomian Airlangga Hartarto pada waktu konferensi pers di kantor Kemenko Perekonomian di Jakarta, Jumat.

Baca Juga :  Menteri Kelautan berharap Elon Musk beri internet ekonomis ke nelayan

Luhut pastikan Elon Musk bergabung luncurkan Starlink di dalam Bali

Menteri Koordinator Sektor Maritim juga Penyertaan Modal Luhut Binsar Pandjaitan melakukan konfirmasi bahwa Elon Musk akan mengambil bagian meluncurkan Starlink, sebuah layanan internet berbasis satelit, di Bali, pada Akhir Pekan (19/5).

“Besok pagi jam 8, (Elon Musk) mendarat pada Bali. Sudah diatur semua acaranya, dan juga siangnya akan launch (meluncurkan) Starlink bersama-sama beberapa menteri kita,” ujar Luhut pasca mengunjungi upacara Segara Kerthi yang mana dilakukan di Bali, Sabtu.

Presiden libatkan beasiswa LPDP kembangkan desain chip semikonduktor

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melibatkan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk memfasilitasi beasiswa pengembangan desain chip bagi permintaan ekosistem bidang semikonduktor pada Tanah Air.

Baca Juga :  Elon Musk didampingi Luhut pada waktu membuka World Water Pertemuan 2024

Pernyataan itu disampaikan Menteri Koordinator (Menko) Sektor Kondisi Keuangan Airlangga Hartarto pada konferensi pers dalam Istana Kepresidenan Jakarta, usai hadir di rapat internal bersatu Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis.

OJK cabut izin PayTren, Yusuf Mansur: Semua dana pengguna sudah ada kembali

Pemilik PT PayTren Aset Manajemen (PAM) Yusuf Mansur menyampaikan bahwa ketika ini semua dana pengguna yang dimaksud dihimpun oleh perusahaan manajer penanaman modal syariah miliknya telah dilakukan dikembalikan.

“Enggak ada uang penduduk (nasabah) juga yang digunakan masih terhutang sebagai uang penanaman modal masyarakat. Enggak ada. Bisa ditanyakan ke OJK,” kata Yusuf Mansur pada waktu dihubungi, di Jakarta, Rabu.

Pemerintah undur kewajiban sertifikasi halal perniagaan mikro-kecil di 2026

Baca Juga :  Pj Pemuka sebut pemuaian dalam Banten terkendali

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengutarakan pemerintah mengundur kewajiban sertifikasi halal bagi produk-produk usaha mikro serta kecil, dari semula Oktober 2024 berubah menjadi tahun 2026.

“Tadi presiden memutuskan bahwa untuk UMKM makanan, minuman serta yang lain itu pemberlakuannya diundur tidak ada 2024 tapi 2026. Nah tentu UMKM yang dimaksud adalah yang mana mikro yang tersebut penjualannya Rp1-2 miliar (per tahun), kemudian yang kecil yang tersebut penjualannya sampai dengan Rp15 miliar (per tahun),” kata Airlangga usai rapat terbatas tentang sertifikasi halal ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar