Bapanas: Penetapan penyesuaian HET beras kemudian HPP GKP tunggu Perbadan

admin

Bapanas: Penetapan penyesuaian HET beras kemudian HPP GKP tunggu Perbadan

Ibukota Indonesia – Direktur Kelancaran Pasokan serta Harga Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) Maino Dwi Hartono mengungkapkan bahwa penetapan penyesuaian nilai pembelian pemerintah (HPP) gabah kering panen (GKP) lalu harga jual eceran tertinggi (HET) beras masih mengawaitu Peraturan Badan Pangan Nasional (Perbadan).

“Mudah-mudahan hari ini terbit Perbadannya, sehingga begitu relaksasinya (HPP GKP serta HET beras) berhenti hari ini (31/5) terakhir, Perbadannya sudah ada terbit dan juga berlaku,” kata Maino dihubungi ANTARA dalam Jakarta, Jumat.

Maino menjelaskan bahwa pada prinsipnya pemerintah sudah ada mereview ulang tentang HET beras termaksud juga HPP GKP sebagai biaya acuan pembelian gabah di tingkat petani.

“Nah kalau kita bicara beras, bicara HET tentunya tidak ada bisa jadi lepas dari bicara HPP-nya, dikarenakan HPP itu biaya pembelian pemerintah di dalam petani,” ujar Maino.

Baca Juga :  Bapanas kemudian penggiat pangan sinergi bantu orang yang terdampar banjir Agam

Oleh dikarenakan itu, Maino mengemukakan bahwa pihaknya sudah pernah melakukan penyesuaian nilai tukar pembelian di tingkat petani salah satunya HET ke konsumen.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar