KPU RI simulasikan pemanfaatan e-Coklit untuk pemilihan kepala daerah 2024

admin

KPU RI simulasikan pemanfaatan e-Coklit untuk pemilihan kepala tempat 2024

DKI Jakarta – Komisi Pemilihan Umum RI menyimulasikan pemakaian e-Coklit untuk mempersiapkan tahapan pencocokan juga penelitian data pemilih pemilihan kepala daerah 2024 untuk jajaran KPU provinsi kemudian kabupaten/kota.

"Sebagaimana kita ketahui, pemilihan kepala daerah 2024 akan diselenggarakan 27 November serta KPU telah merencanakan bahwa coklit akan diselenggarakan insyaallah 24 Juni sampai dengan 24 Juli, serentak se-Indonesia," kata anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos pada Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan tenaga pemutakhiran data pemilih (pantarlih) akan menyambangi rumah warga untuk melaksanakan pencocokan lalu penelitian (coklit) terhadap Model A Daftar Pemilih yang tersebut telah dipetakan KPU kabupaten/kota.

"Coklit direalisasikan pada waktu satu bulan, dari rumah ke rumah, serta bersamaan dengan itu nanti KPU kabupaten/kota akan bertanggung jawab melakukan pemutakhiran data pemilih calon-calon tempat kejadian khusus pada seluruh Indonesia," jelasnya.

Baca Juga :  KPU aksi lanjuti putusan MK sandingkan data pernyataan 120 TPS ke Banten

Betty menjelaskan terdapat perbedaan antara coklit data pemilih pemilihan raya 2024 dengan pemilihan kepala daerah 2024.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar