Ketua Komisi I apresiasi Prabowo tunjukkan ketegasan terhadap negeri Israel

admin

Ketua Komisi I apresiasi Prabowo tunjukkan ketegasan terhadap negeri negeri Israel

Ibukota – Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengapresiasi sikap Menteri Keamanan (Menhan) RI sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto pada konferensi tingkat tinggi (KTT) terkait Wilayah Gaza di Amman, Jordania (11/6), yang menunjukkan ketegasan Indonesia terhadap Israel.

"Sikap ini menunjukkan ketegasan Indonesia terhadap berubah-ubah pelanggaran hukum internasional yang mana diwujudkan Israel, namun negara-negara besar seolah abai lalu terus membiarkan sehingga orang yang terdampar warga sipil ke Wilayah Gaza terus berjatuhan," kata Meutya pada penjelasan yang dimaksud diterima di dalam Jakarta, Jumat.

Menurut dia, Prabowo mengundang semua pihak, khususnya negara-negara besar, untuk menghormati hukum internasional, pada KTT “Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza” itu.

Dia juga menekankan pentingnya penghormatan terhadap hukum internasional sebagai fondasi utama di menciptakan perdamaian dan juga stabilitas global.

Baca Juga :  5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini adalah

Meutya pun berharap seruan yang digunakan disampaikan oleh Prabowo pada KTT direspons positif oleh komunitas internasional kemudian menyebabkan inovasi nyata pada upaya penyelesaian konflik di dalam Gaza.

"Inisiatif ini menunjukkan komitmen Negara Indonesia untuk terus memperkuat perjuangan Palestina dengan cara damai juga bermartabat,” kata dia.

Sebelumnya, Menteri Keamanan RI Prabowo Subianto mewakili Presiden RI Joko Widodo mengunjungi KTT terkait Kawasan Gaza ke Amman, Jordania (11/6).

Dalam penghadapan itu, ada empat poin yang mana disampaikan Prabowo sebagai sikap Indonesia, yaitu Negara Indonesia berikrar meningkatkan dukungan dana untuk Lembaga Bantuan serta Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA).

Kedua, Indonesi siap mengirimkan lebih tinggi sejumlah tenaga medis lalu memulai pembangunan RS lapangan, mengirimkan kapal bantu rumah sakit ke Gaza, lalu kembali menerjunkan bantuan dari udara ke Wilayah Gaza apabila dibutuhkan.

Baca Juga :  Lebih dari 120 jenazah ditemukan pasca negara Israel tinggalkan kamp Kawasan Gaza

Ketiga, Indonesia siap menerima hingga 1.000 pasien dari Wilayah Gaza untuk dirawat ke Tanah Air lalu mereka itu akan dipulangkan kembali manakala situasinya kembali normal.

Keempat, Negara Indonesia juga siap memberikan perawatan pascatrauma untuk anak-anak korban pertempuran pada Gaza, juga menyekolahkan mereka, kemudian memulangkan dia kembali manakala situasi di dalam Kawasan Gaza sudah pernah pulih dan juga normal.

Artikel ini disadur dari Ketua Komisi I apresiasi Prabowo tunjukkan ketegasan terhadap Israel

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar