Kemlu: RI siap kirimkan bantuan untuk korban longsor Papua Nugini

admin

Kemlu: RI siap kirimkan bantuan untuk penderita longsor Papua Nugini

Ibukota – Kementerian Luar Negeri RI menyatakan bahwa Tanah Air siap mengirimkan bantuan kemanusiaan bagi warga Papua Nugini yang mana terdampak bencana longsor besar ke bagian utara negara tersebut.

"Indonesia memang benar berencana mengirimkan bantuan untuk Papua Nugini, akibat bagaimanapun negara yang disebutkan adalah tetangga dekat Indonesia," ucap Juru Bicara Kemlu RI Lalu Muhamad Iqbal di taklimat media di Jakarta, Rabu.

Meski demikian, Iqbal memaparkan bahwa pemerintah belum menetapkan bentuk bantuan apa hanya yang akan dikirim untuk orang yang terdampar longsor di dalam Provinsi Enga yang digunakan terletak 600 kilometer dari ibu kota Port Moresby tersebut.

Selain itu, langkah-langkah pengiriman bantuan RI untuk Papua Nugini juga masih dimatangkan oleh kementerian kemudian instansi pemerintahan terkait, ucap Iqbal.

Baca Juga :  Kemlu sebut 14 WNI ditangkap pada Hong Kong menghadapi dugaan pencucian uang

Sementara itu, Direktur Pelindungan WNI dan juga BHI Kemlu RI Judha Nugraha mengemukakan bahwa KBRI di Port Moresby segera berkoordinasi dengan otoritas setempat dan juga menghubungi komunitas WNI pada Papua Nugini begitu mengetahui terjadinya insiden tersebut.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar