IMO desak pengakhiran serangan terhadap kapal-kapal di Laut Merah

admin

IMO desak pengakhiran serangan terhadap kapal-kapal pada Laut Merah

London – Organisasi Maritim Internasional (IMO) pada hari terakhir pekan mendesak pengakhiran segera serangan terhadap kapal-kapal kemudian pelaut yang dimaksud berlayar melalui Laut Merah kemudian Teluk Aden.

Komite Ketenteraman Maritim IMO, pada resolusi yang dimaksud diadopsi di dalam London, mengutuk serangan "ilegal juga tiada dibenarkan" yang memberikan ancaman dengan segera bagi kebebasan pelayaran pada salah satu jalur perairan paling penting di dunia, sekaligus menyebabkan kelainan besar bagi perdagangan regional juga global.

Badan maritim PBB itu juga mengungkapkan bahwa ini merupakan resolusi pertama yang dimaksud diadopsi negara anggota IMO mengenai kesulitan di Laut Merah sejak kelompok Houthi Yaman mengambil alih kapal kargo MV Galaxy Leader saat berada di laut yang dimaksud pada November 2023.

Baca Juga :  Negara Indonesia kecam serangan negeri Israel di dalam kamp pengungsi Nuseirat

“Sejak pada waktu itu, sekitar 50 serangan maritim yang berbahaya lalu mengganggu kestabilan terjadi, yang mana memakan orang yang terdampar jiwa beberapa pelaut sementara 25 awak kapal Galaxy Leader masih disandera,” kata badan itu, seraya menambahkan bahwa Komite menuntut pembebasan para awak kapal segera juga tanpa syarat."

"Tindakan gegabah Houthi membahayakan nyawa dia yang digunakan bukan bersalah, mengganggu pengiriman bantuan kemanusiaan yang digunakan sangat diperlukan bagi merekan yang tersebut sangat memerlukannya, meningkatkan biaya bantuan kemanusiaan ini, serta mengganggu stabilitas kawasan," sebut resolusi tersebut.

Pernyataan itu mencatatkan data bahwa Komite menggalakkan dialog juga diplomasi damai yang digunakan dapat menyelesaikan krisis tersebut.

"Saya menyeru seluruh pemerintah kemudian organisasi terkait untuk memberikan bantuan maksimum bagi pelaut yang mana terdampak, serta berupaya sekuat tenaga untuk menemukan penyelesaian terhadap krisis ini,” kata Sekretaris Jenderal IMO Arsenio Dominguez.

Baca Juga :  Rusia terkejut Amerika Serikat kemudian Negeri Matahari Terbit tolak larangan senjata ke luar angkasa

Komunitas Houthi berusaha mencapai kapal kargo milik atau dioperasikan perusahaan negara Israel atau yang mengirimkan barang ke kemudian dari negara Israel yang digunakan berlayar pada Laut Merah di aksi solidaritas dengan penduduk Jalur Gaza, yang mana diserang negara Israel secara brutal sejak 7 Oktober 2023.

Laut Merah adalah salah satu jalur laut yang tersebut paling banyak digunakan di bumi untuk pengiriman minyak juga unsur bakar.

Sumber: Anadolu

Artikel ini disadur dari IMO desak pengakhiran serangan terhadap kapal-kapal di Laut Merah

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar