IKALUIN Award serahkan Lifetime Achievement untuk Cak Nur

admin

IKALUIN Award serahkan Lifetime Achievement untuk Cak Nur

Ibukota – Ikatan Alumni Universitas Islam Negeri (IKALUIN) Syarif Hidayatullah Ibukota Indonesia memberikan lifetime achievement (penghargaan seumur hidup) di acara IKALUIN Award 2024 terhadap mendiang Prof. Nurcholish Madjid atau akrab disapa Cak Nur.

Penghargaan itu diserahkan segera oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas terhadap istri Cak Nur, Ommy Komariah Madjid, dalam Auditorium Harun Nasution, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Hari Minggu (26/5).

Berdasarkan penjelasan yang tersebut diterima di Jakarta, Minggu, IKALUIN Award 2024 juga memberikan penghargaan untuk delapan tokoh alumni UIN Jakarta; yaitu Habib Husein Ja'far Alhadar pada kategori Young Hero atau Anak Muda Berpengaruh, Soeharto (Cing Ato) pada kategori Pendidikan kemudian Pengembangunan Umat, Syafiq Hasyim pada kategori Pemikiran Keagamaan, juga Neng Dara Affiah di kategori Perempuan kemudian Kesetaraan Gender.

Baca Juga :  MKD akan minta klarifikasi Bamsoet persoalan pernyataan amandemen UUD

Lebih lanjut, Muhammad Isnur di kategori Hukum dan juga HAM, A. M. Fachir di kategori Politik lalu Tata Kelola Pemerintahan, Sakinah Ginna di kategori Pemberdayaan Masyarakat, Mahariah pada kategori Lingkungan Hidup dan juga Perubahan Iklim, juga Bambang Prihadi pada ketegori Seni serta Budaya.

Gus Yaqut, sapaan akrab Yaqut Cholil Qoumas, menegaskan UIN Ibukota sudah ada terbukti melahirkan sejumlah tokoh besar, salah satunya seperti Cak Nur.

“Tanpa peluncuran beliau, cara pandang umat Islam Indonesia tidaklah akan seperti yang tersebut kita temui sekarang, yang dimaksud sangat moderat, toleran serta menyadari perbedaan," ungkapnya.

Sementara itu, acara penganugerahan IKALUIN Award 2024 ini juga diapresiasi oleh Gus Yaqut. Dia mengkaji acara yang disebutkan berubah jadi sarana yang mana menginspirasi alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, juga perguruan tinggi lainnya.

Baca Juga :  Politik kemarin, dari pidato Megawati hingga sidang etika ketua KPU

"Bagaimana penghargaan yang dimaksud diberikan itu dapat memacu seseorang untuk terus berprestasi di dalam masa depan. Saya berharap acara ini akan permanen terus dilaksanakan, lalu IKALUIN dapat berubah menjadi stok pemimpin hebat," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum IKALUIN Ibukota Indonesia Ace Hasan Syadzily, menyatakan IKALUIN Award merupakan bentuk apresiasi untuk alumni yang mana dinilai memiliki sumbangan nyata bagi keberadaan bangsa kemudian negara.

"Acara ini merupakan tradisi yang digunakan dijalankan untuk memberikan apresiasi terhadap alumni yang bekerja dengan dedikasi tanpa pamrih, namun memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat," jelas Wakil Ketua Komisi VIII DPR tersebut.

Hajatan IKALUIN Award 2024 yang disebutkan turut dihadiri oleh Plt. Dirjen Pendidikan Islam Prof. Abu Rokhmad, Rektor UIN Syarif Hidayatullah DKI Jakarta Prof. Asep Saepudin Jahar, Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Fadlul Imansyah, juga Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Mokhamad Mahdum.

Baca Juga :  Warga Jepara sambut hari lahir Pancasila dengan aksi jalan kaki

Artikel ini disadur dari IKALUIN Award serahkan Lifetime Achievement kepada Cak Nur

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar