Bandara Samarinda Maksimalkan Pengoperasian Jelang Libur Panjang

admin

**Bandara Samarinda Siaga Penuh Sambut Gelombang Liburan**

Bandara Samarinda Tingkatkan Fasilitas dan Persiapkan Penerbangan Tambahan

Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Aji Pengeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda tengah mengupayakan peningkatan pelayanan kepada penumpang dengan merencanakan penambahan fasilitas yang masih dalam tahap pengkajian.

“Kami terus berupaya meningkatkan kenyamanan penumpang dan berencana menambahkan fasilitas baru yang sedang diproses,” ujar Dwi Muji, Kepala Seksi Teknik dan Operasi UPBU APT Pranoto Samarinda, Sabtu (29/4/2023).

Mengantisipasi peningkatan arus penumpang selama akhir pekan panjang (long weekend) pada Mei, Bandara APT Pranoto Samarinda berkoordinasi dengan maskapai untuk menyediakan penerbangan tambahan (extra flight) sesuai kebutuhan.

Dalam kurun waktu sepuluh hari terakhir Mei 2023, tercatat total 23.961 penumpang di Bandara APT Pranoto Samarinda. Jumlah tersebut mengalami penurunan sekitar 20,7% dibandingkan periode mudik April 2023.

Baca Juga :  BPH Migas sebut BBM subsidi tepat sasaran sejahterakan penduduk

“Penurunan ini disebabkan oleh arus penumpang yang masih lebih banyak datang dari daerah lain dibandingkan yang berangkat,” ungkap Dwi Muji.

Untuk mendukung mobilitas penumpang, bandara ini dilayani oleh berbagai maskapai penerbangan, seperti Batik Air, Super Air Jet, Lion Air, Wing Air, Citilink, dan Susi Air. Rute penerbangan yang paling banyak diminati adalah ke Surabaya, Jakarta, Yogyakarta, dan Makassar.

Penumpang diimbau untuk membawa barang seperlunya sesuai kapasitas yang ditentukan, menghindari barang-barang terlarang, dan tidak menerima titipan dari orang yang tidak dikenal.

“Kami menyarankan penumpang datang ke bandara minimal tiga jam sebelum jadwal keberangkatan,” kata Dwi Muji.

UPBU APT Pranoto Samarinda berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa penerbangan, serta mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di wilayah Samarinda dan sekitarnya.

Baca Juga :  UI-Petrosea kolaborasi hasilkan bus listrik konversi dari mesin diesel

Artikel ini disadur dari Bandara Samarinda siapkan penerbangan tambahan hadapi ‘long weekend’

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar