Bamsoet ajak amalkan Pancasila sebagai “way of life” bangsa Negara Indonesia

admin

Bamsoet ajak amalkan Pancasila sebagai “way of life” bangsa Negara Indonesi

Yang lebih banyak maju, mandiri, serta berdaulat, sebagaimana semboyan bangsa Indonesi yang mana menyatakan ‘Bhinneka Tunggal Ika’

Jakarta – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengundang seluruh rakyat untuk memperingati kesempatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024 dengan terus mengamalkan Pancasila sebagai way of life (pandangan hidup) bangsa Indonesia.

"Mengajak penduduk untuk terus bergotong royong pada berpartisipasi pada pembangunan bangsa dengan masih menerapkan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasar yang dimaksud meningkatkan kekuatan kerukunan dan juga keutuhan hidup sebagai bangsa sebagai wujud pengamalan Pancasila sebagai way of life bangsa Indonesia," kata Bamsoet, sapaan karibnya, pada informasi yang mana diterima dalam Jakarta, Jumat.

Dia mengundang pula seluruh masyarakat Tanah Air menjadikan kesempatan Hari Lahir Pancasila untuk tambahan meningkatkan persatuan bangsa ke berada dalam perbedaan suku, agama, budaya, lalu bahasa, menuju Negara Indonesia Emas pada tahun 2045

Baca Juga :  DPR RI aspirasikan solusi banjir serta jalan Kubar-Mahulu ke Kemen-PUPR

"Yang lebih lanjut maju, mandiri, juga berdaulat, sebagaimana semboyan bangsa Indonesi yang tersebut menyatakan 'Bhinneka Tunggal Ika'," ucapnya.

Bamsoet juga memohonkan pemerintah, khususnya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, lalu Teknologi (Kemdikbudristek), untuk menerapkan nilai-nilai yang dimaksud terkandung di Pancasila pada setiap kurikulum lembaga pendidikan sehingga norma Pancasila dapat memandu generasi muda di meraih cita-cita bangsa.

"Meminta pemerintah untuk mengimbau penduduk melalui program-program pemerintah yang dimaksud menerapkan Pancasila sehingga masyarakat dapat mengerti nilai-nilai inklusivitas, toleransi, juga gotong royong, dikarenakan keberagaman yang digunakan ada merupakan bentuk identitas bangsa Negara Indonesia secara nasional," tutur dia.

Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan melakukan sebagai inspektur upacara sekaligus mengawasi upacara puncak peringatan keras Hari Lahir Pancasila ke Lapangan Blok Rokan, Riau, pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Baca Juga :  Diskominfotik Gorontalo waspada judi online di website pemerintah

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menjelaskan alasan upacara Puncak Peringatan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan di dalam Blok Rokan untuk menunjukkan bahwa rakyat Tanah Air dengan segenap sumber daya manusianya sudah ada mampu mengurus dan juga berdiri dalam kaki sendiri pada hal ketahanan energi.

Harlah Pancasila tahun 2024 mengusung tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". Sedangkan logo utama Harlah Pancasila tahun 2024, yakni "Sandya Taru" atau Pohon Persatuan yang mencerminkan persatuan, semangat gotong royong lalu kesetaraan.

Artikel ini disadur dari Bamsoet ajak amalkan Pancasila sebagai “way of life” bangsa Indonesia

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar