MedcoEnergi tingkatkan konversi pasokan listrik dalam blok migasnya

admin

MedcoEnergi tingkatkan konversi pasokan listrik di blok migasnya

Ibukota – PT Medco Tenaga Internasional Tbk (MedcoEnergi) melakukan inisiatif pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dengan mengonversi pasokan listrik pada infrastruktur produksi dalam blok-blok migasnya dari semula gas turbin generator berubah menjadi pemanfaatan listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Terbaru, mulai Mei 2024 inisiatif yang disebutkan dikerjakan pada sarana Central Processing Plant Blok Lematang ke Muara Enim, Sumatera Selatan.

“Dengan pengaplikasian listrik PLN, Medco E&P Lematang berhasil menghurangi emisi GRK sekitar 14.658 ton CO2e per tahun lalu menghemat materi bakar gas sebesar 0,75 MMSCFD. Hal ini untuk memverifikasi keberlangsungan bidang usaha yang bertanggung jawab dan juga merawat lingkungan,” jelas VP Relations & Security Medco E&P Arif Rinaldi di pernyataan di Jakarta, Jumat.

Baca Juga :  Bapanas kemudian penggiat pangan sinergi bantu orang yang terdampar banjir Agam

Pemanfaatan listrik PLN oleh MedcoEnergi melalui anak perusahaannya Medco E&P Lematang dilaksanakan melalui nota kesepahaman antara MedcoEnergi dengan PLN pada The 4th International Convention on Negara Indonesia Upstream Oil & Gas, September 2023.

Inisiatif konversi sejenis sebelumnya juga dijalankan di dalam Blok South Sumatra (Stasiun Serdang, Gunung Kembang, lalu Temelat) pada Sumatera Selatan. Kemudian pada Blok Bangkanai (Gas Metering, Luwe Hulu, and Karendan Gas Processing Facility) di dalam Kalimantan Tengah sehingga total pengurangan emisi GRK dari kegiatan konversi Medco E&P sekitar 18.323 ton CO2e per tahun serta penghematan material bakar gas sebesar 0,94 MMSCFD.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar