Tanah Melayu sebut empat prioritas bagi Palestina ke penghadapan Negara D-8

admin

Tanah Melayu sebut empat prioritas bagi Palestina ke penghadapan Negara D-8

Kuala Lumpur – Menteri Luar Negeri Malaya Mohamad Hasan menyerukan anggota Tim Negara Maju D-8 untuk mengejar empat prioritas bagi merespons penderitaan rakyat Palestina.

Menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Negara Malaysia (Wisma Putra), yang mana dikeluarkan di Putrajaya, Minggu, prioritas pertama yang dimaksud Menlu Negara Malaysia ungkapkan pada pertarungan luar biasa majelis menteri luar negeri Grup Negara Maju D-8 mendiskusikan situasi pada Daerah Gaza yang digunakan berlangsung pada Istanbul, Turki, pada Hari Sabtu (8/6) itu, yakni untuk secara kolektif membantu seruan gencatan senjata permanen serta efektif, di antaranya proposal tiga fase yang digunakan baru-baru ini diberitahukan Amerika Serikat.

Fokus kedua, ia menyatakan tidak ada memberikan bantuan atau pendampingan terhadap tanah Israel di antaranya kegiatan kegiatan ekonomi apapun yang berkontribusi terhadap pembiayaan militer Israel, serta pendudukan ilegal di tanah Palestina.

Baca Juga :  Selandia Baru beri tambahan dana WFP juga UNICEF untuk Daerah Gaza

Selanjutnya prioritas ketiga, ujar dia, yakni meningkatkan bantuan kemanusiaan, lalu menjamin akses yang tersebut aman lalu tanpa hambatan untuk pengantaran bantuan ke Palestina.

Menurut kementerian tersebut, mengakses Wilayah Gaza melalui darat lalu laut serta memobilisasi bantuan kemanusiaan berubah menjadi tantangan yang tersebut harus melibatkan kerja sebanding dengan negara tetangga dan juga organisasi internasional.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar