Kekuatan Militer Niger, Negara Tidak Stabil yang dimaksud Memutuskan Hubungan Militer dengan Amerika Serikat

admin

Kekuatan Militer Niger, Negara Tidak Stabil yang mana dimaksud Memutuskan Hubungan Militer dengan Amerika Serikat

NIAMEY – Niger beberapa waktu ini jadi negara yang dimaksud mencuri sejumlah perhatian pasca memutuskan hubungan militer dengan Amerika Serikat (AS). Padahal negara yang dimaksud dicap sebagai negara paling bukan stabil dalam dunia.

Salah satu alasan mengapa negara yang mana berada di dalam Afrika Barat ini memutuskan hubungan dengan Amerika Serikat adalah akibat Niamey tak terima dengan sikap pejabat Washington yang tersebut menyebabkan ancaman selama perundingan.

Dalam sejarahnya, Niger telah lama lebih banyak dari satu dekade menjadi sekutu Amerika Serikat menurut The Conversation. Hubungan militer ini bertujuan menekan keterpurukan di dalam wilayah Sahel.

Wilayah Sahel yang mana membentang melintasi Afrika dari Atlantik hingga Laut Merah, merupakan salah satu wilayah terburuk dalam dunia. Terorisme, bandit, perdagangan manusia telah lama mengalami perkembangan pesat di dalam wilayah ini.

Baca Juga :  Lima negara terpilih sebagai anggota bukan tetap DK PBB

Namun dengan terputusnya hubungan militer dengan Amerika Serikat tentunya juga akan memproduksi wilayah kriminal ini terbengkalai. Jika mengamati kekuatan militer Niger, rasanya kriminalitas di dalam wilayah yang dimaksud akan sulit untuk diatasi.

Menurut data dari Global Fire Power, kekuatan militer Niger berada dalam urutan ke-121 dari total 145 negara. Negara ini miliki memegang power index sebesar 2.5988 (semakin dekat ke 0.0000 semakin sempurna).

Kekuatan Militer Niger

1. Personil Militer

Dari total populasi Niger yang berada dalam hitungan lebih lanjut dari 25 jt penduduk, terdapat total personil militer sekitar 30.000 orang, dari total yang disebutkan semata-mata terdapat 25.000 personil aktif.

Baca Juga :  Negeri Paman Sam mulai tarik pasukan dari Niger

Dari jumlah agregat personil tersebut, Niger berada di dalam sikap 86 dari 145 negara. Sementara untuk anggaran pertahanan, Niger diperkirakan telah lama menggelontorkan dana sebesar USD250 jt atau lebih lanjut dari Rp4 triliun.

2. Angkatan Udara

Sebagai salah satu negara berkembang, Niger tak memiliki sejumlah armada di dalam angkatan udara mereka. Negara ini belaka miliki 2 pesawat tempur, 2 drone, kemudian satu helikopter penyerang.

3. Angkatan Darat

Beralih ke angkatan darat, Niger hanya sekali miliki sekitar 912 kendaraan lapis baja. Negara ini bahkan bukan miliki tank juga artileri yang digunakan menciptakan kekuatan militer merekan semakin terpuruk.

Tidak hanya sekali itu, oleh sebab itu negara ini tak berbatasan dengan segera dengan laut, Niger tiada miliki armada yang berarti dalam Angkatan Laut. Mereka bahkan tidaklah miliki kapal patroli.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar