BSKDN: Keakuratan data penting pada pengukuran indeks

admin

BSKDN: Keakuratan data penting pada pengukuran indeks

DKI Jakarta – Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri Yusharto Huntoyungo menekankan pentingnya keakuratan data pada pengukuran beberapa orang indeks agar hasil pengukuran sesuai dengan fakta yang dimaksud berjalan pada wilayah terkait.

Sejumlah indeks yang mana diinisiasi BSKDN meliputi Ukuran Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD), Skala Kepemimpinan Kepala Daerah (IKKD), dan juga Skala Inovasi Daerah (IID).

"Pengukuran seluruh indeks (yang diinisiasi BSKDN) harus betul-betul didasarkan pada data yang mana yang dimaksud ada ke daerah. Jangan sampai muncul praktik-praktik yang digunakan bukan objektif di pengukuran," kata Yusharto di keterangannya di dalam Jakarta, Senin.

Menurutnya, data yang dimaksud akurat di pengukuran indeks merupakan modal utama untuk mengetahui keadaan wilayah dari bervariasi faktor, mulai dari keadaan keuangan daerah, kepemimpinan, hingga perkembangan pembaharuan suatu daerah.

Baca Juga :  Megawati bicara hukum versus hukum di dalam penutupan Rakernas PDIP

"Penyelenggaraan pemerintahan area yang tersebut baik sedikit banyak dapat dilihat dari hasil pengukuran indeks. Kita sanggup katakan, tanpa data yang mana valid, area akan kesulitan meningkatkan transparansi dan juga akuntabilitas keuangan wilayah misalnya," ujarnya.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar