Negeri Paman Sam desak negeri Israel setop gunakan militer untuk kawal pemukim Yahudi

admin

Negeri Paman Sam desak negeri negeri Israel setop gunakan militer untuk kawal pemukim Yahudi

Washington – Amerika Serikat mendesak tanah Israel berhenti menggunakan pasukan militer untuk mengawal para pemukim pada Tepi Barat, kata Asisten Menteri Luar Negeri Barbara Leaf di kesaksian ke Kongres Amerika Serikat pada Kamis (23/5).

“Kami mengeksplorasi dengan para pejabat senior, militer dan juga sipil, di pemerintahan negara Israel untuk menghentikan praktik unit tentara yang mengawal pemukim, yang digunakan mereka itu lakukan ketika itu,” kata Leaf untuk Komite Urusan Luar Negeri DPR AS.

Leaf menekankan klaim di kesaksiannya bahwa negara Israel telah terjadi menurunkan aktivitas ini, tetapi belum sepenuhnya menghentikan pengawalan militer untuk pemukim.

“Kami benar-benar meminta-minta negara Israel untuk melipatgandakan upaya mereka itu untuk menurunkan bilangan ini. Kami sudah pernah mengawasi penurunannya, tetapi ini belum dihentikan,” kata Leaf.

Baca Juga :  Qatar, Mesir, Negeri Paman Sam desak Hamas-Israel terima usulan gencatan senjata

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres pada akhir April memaparkan pemukiman ilegal negeri Israel pada tanah Palestina merupakan hambatan bagi solusi dua negara di konflik Israel-Palestina maupun penyelesaian damai situasi di dalam Timur Tengah secara keseluruhan.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar