Pemadaman Listrik Darurat Terwujud ke Seluruh negeri Ukraina Imbas Serangan Rusia

admin

Pemadaman Listrik Darurat Terjadi ke Seluruh negeri negeri Ukraina Imbas Serangan Rusia

Kiev – Rusia melancarkan serangan bertubi-tubi terhadap prasarana energi pada Ukraina. Imbasnya, seluruh negara Ukraina saat ini terpaksa melakukan pemadaman listrik darurat.

“Ukraina melancarkan pemadaman darurat pada Selasa setelahnya berminggu-minggu serangan Rusia terhadap pembangkit listrik menimbulkan negara itu bukan mampu menghadapi penurunan suhu,” kata operator listrik negara Ukrenergo dilansir AFP, Rabu (15/5/2024).

Rusia diketahui telah terjadi melancarkan beberapa serangan dahsyat terhadap prasarana energi tanah Ukraina pada beberapa bulan terakhir. Rusia melumpuhkan fasilitas-fasilitas utama serta memaksa negeri Ukraina mengimpor listrik dari negara-negara tetangganya, Uni Eropa, untuk memenuhi permintaan.

“Dari pukul 21.00 hingga 24.00 (18.00-21.00 GMT), Ukrenergo terpaksa menerapkan penutupan darurat terkendali pada seluruh wilayah Ukraina,” katanya pada sebuah postingan ke Telegram.

Baca Juga :  Rusia: Zelensky Adalah Target Militer yang dimaksud Sah

“Alasannya adalah kekurangan listrik yang digunakan signifikan pada sistem akibat serangan Rusia serta peningkatan konsumsi akibat cuaca dingin,” lanjut dia.

Tidak jelas seberapa parah pemadaman listrik yang digunakan berlangsung pada seluruh negeri. Di ibu kota Kiev, pemerintah kota memaparkan 10 persen rumah tangga telah lama terputus sambungan listriknya.

Rekaman yang tersebut dibagikan pada media sosial dari kota Lviv ke bagian barat menunjukkan gedung-gedung di kegelapan total pada pusat kota dan juga lampu jalan dimatikan. Ukrenergo mengutarakan pasokan listrik untuk bidang usaha akan dijatah sepanjang hari Rabu.

Saksikan Live DetikPagi:

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar