Mentan: Ketersediaan hewan kurban Idul Adha 2024 surplus 88 ribu ekor

admin

Mentan: Ketersediaan hewan kurban Idul Adha 2024 surplus 88 ribu ekor

Berdasarkan data Direktortar Jenderal Peternakan juga Kesejahteraan Binatang (Ditjen PKH), secara nasional, keinginan hewan kurban berada pada bilangan bulat 1,97 jt ekor, dengan ketersediaannya yang mana mencapai 2,06 jt ekor, maka ketersediaan hewan kurban tahun ini

Jakarta – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, ketersediaan pasokan hewan kurban pada seluruh Tanah Air untuk Idul Adha 2024, di kondisi yang digunakan surplus 88 ribu ekor sehingga dipastikan aman lalu mencukupi.

“Berdasarkan data Direktortar Jenderal Peternakan juga Kesejahteraan Binatang (Ditjen PKH), secara nasional, keperluan hewan kurban berada pada bilangan 1,97 jt ekor, dengan ketersediaannya yang mana mencapai 2,06 jt ekor, maka ketersediaan hewan kurban tahun ini berkemungkinan surplus hingga 88 ribu ekor,” kata Mentan pada pernyataan di dalam Jakarta, Kamis.

Baca Juga :  Askrindo-Bank Nagari kerja sejenis percepat proses penagihan subrogasi

Berdasarkan data tersebut, Mentan Amran melakukan konfirmasi total ketersediaan hewan kurban baik sapi, kerbau, kambing maupun domba untuk memenuhi permintaan nasional sangat mencukupi bahkan surplus.

“Persiapan kurban Insya Allah aman, cukup sampai kita Idul Adha nanti, saya telah terima laporannya, kemudian aman, jumlahnya sangat cukup," kata Amran.

Lebih lanjut Mentan Amran mengumumkan ketika ini pihaknya berpartisipasi memonitor ketersediaan hewan kurban ke seluruh daerah. Tidak hanya saja sisi ketersediaan, dirinya mengaku juga fokus menegaskan dari aspek kesehatan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Peternakan serta lalu Aspek Kesehatan Binatang (Dirjen PKH) Kementan Nasrullah mengatakan, pihaknya sudah melakukan beraneka langkah penting untuk memverifikasi kelancaran pelaksanaan kurban tahun ini.

“Kami menegaskan sertifikat keseimbangan ternak yang dimaksud dilalulintaskan sudah ada lengkap, memeriksa ear tag untuk menjamin ternak sudah pernah teregister serta kami menerjunkan tim kesejahteraan hewan dalam kabupaten/kota untuk melakukan pengecekan rutin di dalam penampungan ternak,” katanya.

Baca Juga :  Bandara Dhoho Kediri resmi layani penerbangan rute Balikpapan-Kediri

Nasrullah mendampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meninjau kedudukan lumbung sapi hingga pabrik pakan mini milik penggemukan sapi PT Lembu Setia Abadi Jaya (LSAJ) Farm Tangerang, Banten.

PT Lembu Setia Abadi Jaya (LSAJ) Farm Tangerang memiliki luas area 22,5 hektare rumah sapi, pabrik pakan mini berkapasitas 40 ton per hari, dan juga rencana pabrik pupuk, RPH, pabrik bakso, sosis, nugget, meat shop, juga cold storage.

“Bangunan domicile sapi PT LSAJ miliki kapasitas hingga 3.000 ekor dengan rencana perluasan hingga 10.000 ekor,” kata Nasrullah.

Artikel ini disadur dari Mentan: Ketersediaan hewan kurban Idul Adha 2024 surplus 88 ribu ekor

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar