DPR RI aspirasikan solusi banjir serta jalan Kubar-Mahulu ke Kemen-PUPR

admin

DPR RI aspirasikan solusi banjir juga jalan Kubar-Mahulu ke Kemen-PUPR

“Kami di DPR memperjuangkan aspirasi masyarakat Kaltim, khususnya terkait solusi banjir lalu perkembangan jalan ke Kubar-Mahulu,”

Samarinda –

Anggota Komisi V DPR RI Irwan menyuarakan aspirasi warga Kalimantan Timur (Kaltim) terkait solusi mengatasi banjir tahunan kemudian pembangunan jalan di dalam Kutai Barat (Kubar) lalu Mahakam Ulu (Mahulu) ke Kementerian Pekerjaan Umum dan juga Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR).

 

"Kami di DPR memperjuangkan aspirasi penduduk Kaltim, khususnya terkait solusi banjir juga perkembangan jalan di Kubar-Mahulu," ujar Irwan di Samarinda, Minggu.

 

Ia sempat menyampaikan pada rapat sama-sama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bahwa banjir tahunan dalam Wilayah Kubar juga Mahulu telah terjadi menjadi momok bagi warga selama bertahun-tahun, menyebabkan kecacatan material dan juga hilangnya mata pencaharian.

Baca Juga :  Megawati sebut PPP, Hanura, dan juga Perindo kekal setia dengan PDIP

Irwan menegaskan bahwa solusi jangka panjang diperlukan untuk mengatasi permasalahan ini.

 

"Saya sedih melihatnya. Bukan semata-mata kerugian material, banjir ini juga merenggut mata pencaharian rakyat yang puluhan tahun digeluti. Kita harus solusi permanen, bukanlah semata-mata bantuan darurat pada waktu bencana terjadi," ungkap legislator tempat pemilihan Kaltim ini.

 

Irwan mengusulkan pembentukan pasukan khusus yang dimaksud melibatkan pemerintah pusat, pemerintah daerah, lalu pakar untuk menyusun rencana pengelolaan sumber daya air yang tersebut komprehensif. Seperti prospek bendungan pada anak sungai Boh yang ia nilai mampu mereduksi banjir pada Kubar kemudian Mahulu.

 

"Kita diperlukan kelompok yang mana solid untuk merumuskan solusi permanen. Kita harus mampu memprioritaskan acara ini di jangka lima tahun ke depan," ujar Irwan.

 

Selain fokus pada penanganan banjir, Irwan juga memacu kelanjutan perkembangan jalan pada Kubar-Mahulu. Ia mengapresiasi Kementerian PUPR yang mana sudah pernah menyelesaikan jalan nasional ke beberapa wilayah Kaltim.

 

"Terima kasih Pak Menteri PUPR berhadapan dengan penyelesaian jalan nasional. Kita juga ingin menggalakkan kelanjutan konstruksi jalan di dalam segmen lain," kata Irwan.

 

Irwan berharap agar perkembangan jalan di Kubar-Mahulu dapat dilanjutkan untuk meningkatkan konektivitas dan juga membuka akses ekonomi bagi rakyat di dalam kawasan tersebut.

 

"Kita ingin jalan dari Kukar-PPU-Balikpapan-Samarinda-Bontang-Berau ke Kaltim Bagian Utara sudah ada mulus semua. Sekarang tinggal Mahulu juga Kubar ini," tutur Irwan.

 

Irwan menekankan pentingnya kolaborasi juga sinergi dari semua pihak untuk menyelesaikan permasalahan banjir dan juga pembangunan jalan di Kaltim. Ia berharap agar pemerintah pusat lalu wilayah dapat bekerja sejenis pada mewujudkan solusi permanen yang mana bermanfaat bagi masyarakat.

 

"Dengan solusi yang tersebut tepat, diharapkan warga Kaltim dapat hidup lebih banyak sejahtera kemudian terhindar dari kerugian akibat bencana alam," demikian Irwan.

Artikel ini disadur dari DPR RI aspirasikan solusi banjir dan jalan Kubar-Mahulu ke Kemen-PUPR

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar