Capres Kennedy akan ampuni Snowden dan juga Assange bila terpilih

admin

Capres Kennedy akan ampuni Snowden dan juga juga Assange bila terpilih

Washington – Kandidat independen presiden Negeri Paman Sam Robert F. Kennedy Jr. mengungkapkan bahwa ia akan memaafkan "whistleblower" Edward Snowden dan juga membatalkan tuntutan pidana terhadap pendiri WikiLeaks Julian Assange bila ia terpilih.

"Pada hari pertama saya menjabat, saya akan memaafkan Edward Snowden kemudian saya akan membatalkan dakwaan – semua dakwaan – terhadap Julian Assange," kata Kennedy di pidatonya dalam Konvensi Nasional Libertarian 2024, Jumat.

Assange harus dipandang sebagai pahlawan, kata Kennedy, seraya menambahkan bahwa seharusnya ada monumen di Washington untuk Assange juga Snowden.

Awal pekan ini, Pengadilan Tinggi Inggris mengabulkan permohonan Assange untuk menantang upaya ektradisinya ke AS, dalam mana ia menghadapi tuntutan berdasarkan Undang-Undang Spionase.

Assange dianggap memperoleh kemudian mengungkapkan informasi rahasia yang mengungkapkan kejahatan peperangan serta pelanggaran hak asasi manusia yang diduga dikerjakan pasukan Amerika Serikat di Irak dan juga Afghanistan.

Baca Juga :  5 Fakta Kecelakaan Helikopter yang mana Ditumpangi Presiden Iran Ebrahim Raisi

Sedangkan Snowden tinggal di pengasingan di dalam Rusia, pasca ia membocorkan informasi rahasia tentang acara pengawasan AS, yang mana juga dituduh melanggar UU Spionase.

Sumber: Sputnik

 

Artikel ini disadur dari Capres Kennedy akan ampuni Snowden dan Assange bila terpilih

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar