Wakil Ketua DPR: Tagline haji ramah lansia belum maksimal

admin

Wakil Ketua DPR: Tagline haji ramah lansia belum maksimal

DKI Jakarta – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Abdul Muhaimin Iskandar menyatakan tagline atau slogan haji ramah untuk lanjut usia atau lansia belum maksimal di penyelenggaraan dalam lapangan.

"Ramah lansia jangan cuma jadi kampanye, tetapi harus benar-benar diterapkan," kata Muhaimin di keterang tercatat pada Jakarta, Selasa.

Muhaimin yang juga Ketua Tim Pengawas Haji DPR RI melakukan inspeksi mendadak ke tenda-tenda jamaah haji Indonesi ke Mina.

Dalam kunjungannya, Muhaimin mengungkapkan bermacam keprihatinannya mengenai kondisi tenda dan juga infrastruktur yang dinilai masih belum memadai, khususnya di hal tagline "Haji Ramah Lansia".

"Saya menemukan fakta bahwa prasarana ramah lansia untuk toilet kemudian MCK (mandi, cuci, kakus) masih belum memadai. Memang ada kamar mandi untuk difabel, tetapi jumlahnya sangat sedikit kemudian tiada sebanding dengan rasio jamaah lansia dan juga difabel," katanya menegaskan.

Baca Juga :  Kritisi RUU Polri, YLBHI: Ada Udang ke Balik Batu

Menurut dia, rasio kamar mandi harus dihitung ulang berdasarkan jumlah total lansia lalu difabel yang tersebut harus difasilitasi. Bahkan, paling penting, keran-keran wudhu tersendiri juga harus disediakan.

"Setiap rapat dengan Kementerian Agama, DPR selalu memohonkan pemerintah tidak ada didikte oleh perusahaan. otoritas harus mendikte sehingga kita dapat memilih tempat yang digunakan layak sebab total kita besar kemudian sikap kita kuat," katanya.

Muhaimin juga menyerukan adanya revolusi pada penyelenggaraan haji. Perbaikan total harus dilaksanakan sehingga status yang tersebut memprihatinkan itu tiada terulang lagi.

"Revolusi penanganan haji dimulai dari sini, kita akan benahi total," ujarnya.

Muhaimin berharap pemerintahan baru benar-benar mengamati fakta ini juga tiada mendiamkan juga mengulang hambatan yang digunakan sejenis setiap tahunnya.

Baca Juga :  Maskot pemilihan gubernur Harimau Sili-Wangi tunjukan kekuatan rakyat Jabar

Dalam sidak itu, Muhaimin berharap temuan-temuan Timwas Haji DPR ini dapat segera ditindaklanjuti pihak-pihak terkait untuk meningkatkan kenyamanan serta kesejahteraan jamaah haji Tanah Air pada masa mendatang.

Artikel ini disadur dari Wakil Ketua DPR: Tagline haji ramah lansia belum maksimal

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar