Pelni Denpasar tambah kapasitas penumpang sambut liburan sekolah

admin

Pelni Denpasar tambah kapasitas penumpang sambut liburan sekolah

Periode Juni-Juli itu total penumpang lebih banyak membesar oleh sebab itu liburan sekolah dibandingkan periode Natal dan juga tahun baru

Badung, Bali – BUMN, PT Pelayaran Nasional Indonesi (Pelni) Fakultas Denpasar, Bali menambah kapasitas penumpang hingga 50 persen dari rata-rata kapasitas kapal sekitar 1.000 pendatang untuk menyambut lonjakan permintaan ketika musim liburan sekolah.

"Periode Juni-Juli itu total penumpang lebih tinggi besar dikarenakan liburan sekolah dibandingkan periode Natal kemudian tahun baru," kata Kepala Pelni Pusat Denpasar Arfah Yusuf pada Kuta, Daerah Badung, Bali, Senin.

Dia menjelaskan pengajuan tambahan kapasitas itu dikerjakan untuk Kementerian Perhubungan melalui Kantor Pusat Pelni.

Dengan tambahan kapasitas itu, masing-masing armada mampu menampung hingga 1.500 penumpang berangkat dari Pelabuhan Benoa Denpasar.

Baca Juga :  Luas lahan karet di Kaltim bertambah 5.000 hektare

Ada pun armada BUMN yang tersebut melayani dari Denpasar ada empat kapal motor (KM) yakni Tilongkabila, Binaiya, Awu dan juga Leuser yang dimaksud per individu mempunyai kapasitas penumpang hingga 1.000 orang.

Menurut dia, penambahan kapasitas itu rencananya dilaksanakan hingga Juli 2024 untuk mengakomodasi pergerakan penumpang musim liburan sekolah.

Dengan penambahan kapasitas tersebut, pihaknya juga melakukan penambahan untuk alat keselamatan, matras dan juga infrastruktur lainnya.

Ada pun rute yang diperkirakan paling banyak dilayani selama musim liburan sekolah yakni dalam wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) ke antaranya Labuan Bajo dan juga Waingapu.

Sedangkan untuk jumlah total penumpang yang mana dilayani selama periode Januari-Mei 2024, lanjut dia, mencapai sekitar 22 ribu pendatang atau naik 130 persen dari periode sebanding 2023.

Baca Juga :  PT Timah setor PNBP sebesar Rp888 miliar pada 2023

Dari capaian jumlah agregat penumpang itu, imbuh dia, sejumlah 35 persen ke antaranya sudah ada membeli tiket melalui program daring.

"Khusus Mei 2024 jumlah keseluruhan penumpang itu mencapai 6.934 pemukim kemudian Juni-Juli 2024 itu kami perkirakan dapat naik 20-30 persen," ucapnya.

Sedangkan untuk memverifikasi kelaikan kapal, seluruh armada kapal, kata dia, telah menjalani uji petik dengan pemeriksaan alat keselamatan oleh Kantor Kesyahbandaran kemudian Otoritas Pelabuhan (KSOP) Benoa yang selesai dilaksanakan pada April 2024.

Artikel ini disadur dari Pelni Denpasar tambah kapasitas penumpang sambut liburan sekolah

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar