Ombudsman: Inisiatif makan bergizi gratis akan sejumlah layani komunitas

admin

Ombudsman: Inisiatif makan bergizi gratis akan banyak layani komunitas

Kalau seperti ini, maka saya pikir inisiatif ini akan baik bagi masyarakat. Bagus itu programnya.

Jakarta – Anggota Ombudsman RI Yeka Hendra Fatika menyimpulkan inisiatif makan bergizi gratis yang digunakan diusung presiden terpilih Prabowo Subianto akan sejumlah melayani masyarakat, apabila nantinya konsep maupun tata kelolanya diterapkan secara tepat.

"Kalau seperti ini, maka saya pikir inisiatif ini akan baik bagi masyarakat. Bagus itu programnya," kata Yeka ketika ditemui usai acara media briefing, pada Jakarta, Jumat.

Dia mengungkapkan salah satu pelayanan penduduk dimaksud, yakni kegiatan makan bergizi gratis dapat memacu pembangunan sistem tertutup (closed system) di rute penyediaan substansi keinginan pokok oleh warga setempat.

Ia mencontohkan, pada sistem tertutup penyediaan substansi keinginan pokok, inisiatif makan bergizi gratis yang digunakan dilaksanakan dalam suatu wilayah sanggup mengakomodasi produksi beras, telur, hingga daging dari wilayah itu.

Baca Juga :  KSAU bertemu Dirut PT Asabri bahas kesejahteraan prajurit

Sistem itu, kata beliau lagi, sanggup mengembangkan perekonomian wilayah dengan lebih banyak baik. Pasalnya, ia memandang selama ini produksi beberapa material pokok tak efisien lantaran diproduksi dalam satu wilayah, namun dijual ke wilayah lain.

"Dengan demikian kalau ada acara makan bergizi gratis yang digunakan menerima di wilayah itu tentunya akan sangat baik," ucapannya pula.

Kendati demikian, Yeka berharap kegiatan makan bergizi gratis tak membebankan anggaran negara juga tiada mengempiskan bermacam kewajiban pemerintah yang mana sebelumnya telah berhasil dijalani.

"Jadi ini prosesnya adalah pengayaan juga mengoptimalkan dari bervariasi bantuan sosial yang mana selama ini tiada efektif, nah ini bisa jadi di-switch ke inisiatif ini," ujar Yeka lagi.

Sebelumnya, presiden juga duta presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sedari awal telah terjadi mengampanyekan kegiatan makan siang lalu susu gratis untuk anak-anak lalu ibu hamil.

Baca Juga :  Megawati kunjungi portal Rumah Pengasingan Bung Karno ke Ende

Inisiatif itu diusung demi memperbaiki kualitas gizi sejak anak-anak bahkan saat masih berbentuk janin di kandungan.

Rencana itu pula yang akan diprioritaskan Prabowo-Gibran untuk dijalankan, pasca resmi dilantik sebagai presiden kemudian delegasi presiden pada Oktober 2024 mendatang.

Artikel ini disadur dari Ombudsman: Program makan bergizi gratis akan banyak layani masyarakat

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar