Lima negara terpilih sebagai anggota bukan tetap DK PBB

admin

Lima negara terpilih sebagai anggota bukanlah terus DK PBB

PBB – Sebanyak lima negara yaitu Denmark, Yunani, Pakistan, Panama, juga Somalia pada Kamis (6/6) terpilih sebagai anggota bukan terus Dewan Keselamatan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk masa jabatan dua tahun.

Para anggota yang digunakan baru terpilih itu akan mengemban tanggung jawab baru mereka itu pada 1 Januari 2025 kemudian menjalani masa bakti hingga 31 Desember 2026.

Pencalonan kelima kandidat yang disebutkan berjalan tanpa hambatan. Para anggota yang mana baru terpilih yang disebutkan akan menggantikan anggota tiada terus yang mana masa jabatannya telah terjadi habis, yaitu Ekuador, Jepang, Malta, Mozambik, kemudian Swiss.

Negara kandidat harus mengantongi dua pertiga dukungan dari negara-negara anggota PBB yang hadir juga memberikan kata-kata pada waktu sidang Majelis Umum untuk mengamankan kursi anggota bukan tetap dalam Dewan Security PBB, terlepas dari apakah pencalonan itu diperebutkan atau tidak.

Baca Juga :  Beijing: Pertemuan Menlu Wang Yi-Menko Luhut contoh keeratan hubungan

Hal itu berarti minimal 129 ucapan dukungan diperlukan untuk mendapatkan sebuah kursi jikalau seluruh 193 negara anggota hadir dan juga memberikan suara. Negara-negara anggota yang digunakan abstain dianggap tak memberikan suara.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar