KPU Jember laksanakan putusan MK tentang rekapitulasi ulang lebih banyak dulu

admin

KPU Jember laksanakan putusan MK tentang rekapitulasi ulang lebih lanjut banyak dulu

Jember, Jawa Timur – Komisi Pemilihan Umum Daerah Jember, Jawa Timur, melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi untuk perkara nomor 118 terlebih dahulu yang mana memerintahkan diwujudkan rekapitulasi ulang surat pernyataan DPRD Jember Daerah Pemilihan 1 yang mana dijadwalkan pada Rabu (19/6) sore.

Ada dua putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang dimaksud harus ditindaklanjuti KPU Wilayah Jember, yakni perkara nomor 118 dengan putusan rekapitulasi ulang surat pengumuman DPRD Jember Dapil 1 ke Kecamatan Kaliwates dan juga perkara nomor 261 yang dimaksud memerintahkan hitung ulang surat ucapan DPR RI Dapil Jawa Timur IV di Kecamatan Sumberbaru.

"Untuk tindakan lanjut putusan MK dengan perkara nomor 118 sesuai dengan surat KPU RI bahwa pelaksanaannya dilakukan di KPU Jember pada Rabu (19/6) juga kami juga telah melaksanakan zoom meeting dengan KPU Jatim," kata Ketua KPU Kota Jember Dessi Anggraeni di Jember, Selasa sore.

Baca Juga :  Ganjar prediksi sikap urusan politik PDIP senada dengan pidato Megawati

Putusan MK mengenai gugatan Partai Demokrat untuk hasil perolehan ucapan DPRD Daerah Jember Dapil 1 itu juga disosialisasikan untuk pihak-pihak terkait bahwa penyelenggaraan rekapitulasi ulang surat pernyataan akan diselenggarakan pada 19 Juni 2024.

"Hasil konsultasi sesuai petunjuk KPU RI juga KPU Jawa Timur bahwa kami akan melakukan rekap ulang dengan metode menyandingkan data dari formulir C1 Hasil juga formulir D Hasil di dalam Kecamatan Kaliwates dengan estimasi waktu dua hari," tuturnya.

Dessi menjelaskan tenggat waktu selama 15 hari penyelenggaraan hasil putusan MK sejak dibacakan putusan yang disebutkan dirasa cukup dan juga KPU Jember menyatakan sanggup menyelesaikan pada dua hari untuk putusan perkara nomor 118.

"Setelah dijalankan penyandingan data serta rekapitulasi ulang, selanjutnya segera ditetapkan tanpa harus melaporkan ke MK lagi. Hasil yang disebutkan akan kami ungkapkan ke KPU provinsi agar berjenjang ke KPU RI sebagai rekap akhir," katanya.

Baca Juga :  Indostrategic: Interaksi Anies serta PDIP adalah upaya penjajakan

Sementara untuk menindaklanjuti putusan MK untuk perkara nomor 261 dengan putusan hitung ulang surat ucapan DPR RI Dapil Jawa Timur IV di Kecamatan Sumberbaru akan dijalankan pasca selesainya rekapitulasi ulang surat pengumuman di Kecamatan Kaliwates.

"Kami masih mengawaitu teknisnya dari KPU RI kemudian KPU Jatim dikarenakan kemungkinan hitung ulang yang disebutkan akan direalisasikan secara bersamaan dengan kabupaten lain di Jatim sehingga kemungkinan diselenggarakan di Surabaya," ujarnya.

Artikel ini disadur dari KPU Jember laksanakan putusan MK tentang rekapitulasi ulang lebih dulu

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar