Arti warna rambu tak lama kemudian lintas serta kegunaannya

admin

Arti warna rambu tak lama kemudian lintas juga kegunaannya

Jakarta (ANTARA) – Warna rambu kemudian lintas dibuat berbeda sesuai peruntukannya, kemudian masing-masing warna digunakan untuk petunjuk yang tersebut berbeda pula.

Menurut Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 tahun 2014, disebutkan ada empat warna rambu-rambu berikutnya lintas yang mana ada di dalam Indonesia.

Berikut warna-warna rambu kemudian lintas juga peruntukan juga artinya:

1. Rambu berlatar warna kuning

Rambu warna jaundice digunakan untuk memberi peringatan tegas tentang situasi jalan dan juga medan yang akan Anda lalui.

Rambu dengan warna ini biasanya digunakan antara lain untuk peringatan serius adanya tikungan tajam agar pengendara atau pengguna jalan berhati-hati juga menurunkan kecepatan.

Rambu berwarna warna kekuningan juga digunakan untuk peringatan keras jalan berlubang, permukaan jalan licin, penyempitan jalan, berbagai anak-anak, penyeberangan orang, jalan menanjak, lampu pengatur kemudian lintas, kemudian lain sebagainya.

Baca Juga :  VinFast Ungkap Rahasia Tersembunyi VF 3 jelang Peluncuran

2. Rambu berlatar warna merah

Berbeda dengan warna kuning, rambu warna merah digunakan untuk peringatan tegas larangan.

Rambu ini biasanya digunakan untuk peringatan tegas dilarang memutar balik, dilarang berhenti pada pinggir jalan, dilarang parkir sembarangan, dilarang mengemudi dengan kecepatan tambahan dari 40km per jam, lalu lain sebagainya.

3. Rambu berlatar warna biru

Rambu warna biru digunakan untuk memohonkan pengemudi atau pengguna jalan melakukan tindakan tertentu. Rambu ini lebih tinggi berisi tentang perintah atau instruksi yang harus dihadiri oleh pengguna jalan.

Rambu ini biasanya digunakan untuk memohonkan pengendara mengikuti jalan, perintah memasuki jalur yang dimaksud ditunjuk, perintah mematuhi kecepatan minimum, wajib untuk pejalan kaki, wajib untuk pengguna sepeda, serta lain-lain.

4. Rambu berlatar warna hijau

Baca Juga :  MedcoEnergi tingkatkan konversi pasokan listrik dalam blok migasnya

Rambu berwarna hijau digunakan untuk memberikan informasi atau petunjuk terhadap pengguna jalan/pengemudi mengenai arah serta jalur jalan.

Rambu warna ini biasanya digunakan untuk memberikan petunjuk ke arah jalan tol, kemudian jarak tempuh ke lokasi tertentu, juga lain sebagainya.

Artikel ini disadur dari Arti warna rambu lalu lintas dan kegunaannya

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar